Rabu, 27 Agustus 2014

Perjalanan panjang Penulisan Ilmiah quadcopter

          hallo semua . lama nih saya nggak posting , pasti pada kangen yah *abaikan* . kenapa sih ga posting -posting lagi berapa tahun terahir ini , halah lebay . sebenernya saya gak post karena saya sedang di sibukan dengan pekerjaan kuliah saya . tapi alhamdulilah penulisan ilmiah saya selesai dan sudah di ACC oleh dosen pembimbing saya , yang notabenya ketua jurusan . ohh good rasanya di bimbing oleh ketua jurusan langsung tuh jleb banget . oke kita awali dari pengajuan judul .sekitar 2 bulan lalu . di semester 6 ini gue mendapat mata kuliah PENULISAN ILMIAH dengan dua SKS . dua SKS . bayangin dua !!! *histeris* . waktu itu gue masih polos , gatau apa itu penulisan ilmiah , gue kira gampang , ngajuin judul , ngebuat alat , sidang , selesai . tapi ternyata di lapanganya sangat jauh berbeda dari bayangan gue . minggu pertama bertemu dengan dosen pembimbing . dosen masuk ke kelas dengan sangat cool . membawa tas yang penuh entah apa pula itu isinya . membawa maps berisikan nama mahasiswa ga jelas,sering cabut-cabutan dan durjana di kelas gue . di absen lah satu per satu mahluk astral di kelas gue . do'i memperkenalkan nama doi , Dr. Nur Sultan SALAHUDDIN, SKom, MT . wow pangkatnya udah DR . gue berdecak kagum .

          minggu pertama do'i hanya perkenalan saja dan ingin melihat mahluk apa yang akan dia bimbing untuk penulisan ilmiah di semester ini. di ahir pertemua pertama do'i memberitahu ke kami bahwa kalian bisa bertemu dengan saya hanya setiap hari selasa saja . untuk di kampus bekasi tepatnya kalimanag . selebihnya saya hanya ada di kampus depok , di ruangan saya . dalam hati gue "ah elah kenapa harus depok si," . dan anak anak yang lain pun meng-iya kan kata do'i dengan harapan tuh dosen lekas pergi . dari pertemua pertama anak anak mulai memikirkan judul apa yang akan di ajukan untuk jadi sesajen ke dosen pembimbing supaya judul yang mereka ajukan di terima . ada yang mencari ke perpustakaan kampus , ada yang nyari di internet , ada yang dengan cueknya nongkrong . bahkan ada yang sampe ga pernah masuk .

          entah apa yang mereka pikirkan . tapi waktu itu sih gue cuek aja samnbil tetep mencari dan terus mencari jalan terbaik . loh malah nyanyi . datang lah hari dimana gue ketemu dosen pembimbing gue lagi . alhasil dalam keadaan mendesak gue mendapatkan wahyu untuk judul penulisan ilmiah gue . yang gue kasih judul SIMULASI ALAT PENYIRAM KEBUN OTOMATIS . gue dengan pede masuk do'i untuk memperesentasikan judul dan alat apa yang akan gue buat untuk Penulisan ilmiah gue . gue antri karena saat itu ada mahasiswa lain yang sedang konsultasi dengan do'i . tibalah saat nya gue HEAD-TO-HEAD langsung dengan dosen pembimbing gue . rasanya tuh kayak ketemu orang yang kita suka . deg-deg an , gemeteran , keringet dingin. hahaha mungkin emng gue doang seperti itu ., di dalam diem gue .

do'i mulai bertanya , "apa judul yang mau kamu ajukan?" .

gue dengan percaya diri menyebutkan "simulasi alat penyiram kebun otomatis whit arduino" .

do'i kembali bertanya " gimana tuh cara kerja alatnya ?"

gue jawab dengan percaya diri " jadi begini pak, alat saya bekerja dengan menggunakan sensor cahaya ,dimana sensor cahaya itu berguna untuk mediteksi cahaya matahari . jadi apabila sinar matahari. apabila sensor tersebut terkena sinar matahari pagi . akan di proses oleh adruino sebagai otak untuk menggerakan pompa dan dinamo yang digunakan untuk memutar selang air . "

do'i menjawab dengan santai " oh alat itu ? terus kalau kena matahari terus , bakal nyemprot air terus dong?"

gue jawab " iya sih pak . "

          dalam hati gue " yah skak mat ini mha" ga ada harapan buat di acc nih judul .

do'i kembali ngomong " yaudah kamu cari lagi judul yang lain . lagi pula alat yang kamu ajuin itu sudah ada sebelumnya " . gue bingung . "hah sudah ada ?" padahal jujur itu gue ga sama skali bermaksud buat copas dari penulisan ilmiah kk kelas. gue aja baru tau pas dia bilang gitu .

          minggu ketiga saat gue ajuin judul lain . gue waktu itu ga inget persis judul apa yang gue ajuin , sampai ke judul ketiga dan ke empat tetap di tolak dengan alasan sudah pernah ada alat yang seperti itu . gue pasrah , gue putus asa , pingin rasanya gantung diri di tiang bendera dan nulis surat wasiat . tapi ke ajaiban datang . do'i bilang . ya sudah kamu pakai saja judul alat yag saya kasih . dalam gundah gulana itu gue seperti melihat sebercak cahaya putih .

       do'i bilang " kamu buat alat mobil penyeimbang saja , kalau tidak QUADCOPTER "

      Quadcopter ? mobil penyeimbang ? mkasud bapak apa ?

     jadi gini sebenernya prinsip kerjanya mobil penyeimbang , kamu membuat mobil mobilan itu dalam ke adaan dia tapi bernilai kondisi satu alias kondisi berjalan , nah loh ? dalam hatoi gue gmn caranya  -_-  . alat pratikum kemaren aja gagal total ., terus gue nanya lagi . kalau yang Quadcopter gimana pak ? ya quadcopter . helokopter yang berbaling baling empat . di situ gue coba meminta ijin untuk mendalami apa itu quadcopter dan mobil penyeimbang . alhasil gue memilih quadcopter . karena gue kepioncut saat melihat nya di youtube . oh good keren banget quadcopter itu , desah gue . pertemuan ke empat gue bilang sama do'i "pak saya ambil alat quadcopter" dan doi menerima nya .

     mulailah gue mengorek informasi apa itu quadcopter , dimana beli bahan-bahanya . bagaimana cara membuat nya . iseng-iseng cari , eh ketemu sama seorang pencinta aeromodeling . itu loh yang hobinya nerbangin pesawat remote control . gue tanya , " mas tau quadcopter gak mas " dia jawab , "iya tau lah itu kan hobby saya" wah dalam hati gue seneng banget . mas kalau saya mau buat quadcopter gimana dan bagaimana mas ? dia jawab " kamu cari aja penjualnya . kalao nggak kamu beli impor" , ha ? impor mas ?" ,"iya impor" .

     dalam hati gue "ah payah dah masa harus impor sih , pasti bakal lama"

      gue cari terus tuh .,sampai ahirnya ketemu distributor yang ngejual bagian-bagian quadcopter . ternyata eh ternyata yang ngejual orang bandung , iya bandung , bayangin ,. gue dari bekasi rela jauh jauh pergi bolak balik bandung bekasi , bandung bekasi , tapi terbayar lah rasa lelah gue . ahirnya gue dapetin tuh bagian bagian quadcopter .  gue beli satu paket . alhasil langsung lah gue rakit tuh komponen sampe selesai .

dengan basic Frame F450 Clone, menggunakan flight controler arduflyer 2.5.1 dengan configurasi X-Copter .
Part-Part yang akan dipakai dalam membangun QuadCopter ini antara lain :
§  Rctimer Simonk 20A opto
§  Velcro,  Cable Ties, Double tape

§  Rctimer ubec 5A

Langkah pertama, Solder kabel power ke papan induk untuk suplay listrik, dilanjutkan dengan solder kabel ESC . ingat kabel hitam dan merah jangan sampai tertukar 



pasang Arm Quad Copter ke Top Plate menggunakan baut yang sudah include di kit Frame tersebut. Jangan lupa untuk memakai thread locker agar baut tidak terlepas karena getaran motor saat terbang. Quad Copter ini akan dibuat menggunakan konfigurasi X-Copter, dimana arah depan Quad Copter berada di antara 2 arm. Untuk memudahkan orientasi, saya memasang arm merah untuk depan, dan arm Putih Untuk Belakang



Sekarang saat nya memasang Motor ke masing-masing Arm Quad Copter. baut yang di gunakan adalah baut yang di sediakan oleh kit frame, bukan yang di sediakan dalam packing motor. jangan lupa menggunakan thread locker untuk memasang motor, dan langsung sambung ke ESC.



Setelah motor terpasang, sekarang waktunya pasang Flight Controler ke frame. dan menyambungkan kabel-kabel dari ESC dan Receiver ke flight controler. Sebelum menyambungkan ESC ke Flight Controler, Program dulu semua ESC, pastikan semua ESC di Program dengan set yang Sama. Pada saat memasang Flight Controler, perhatikan Arah depan pada Flight controler (biasanya ada tanda panah) sesuai dengan arah depan di frame, JANGAN SAMPAI TERBALIK!




Foto di atas terpasang Flight Controler arduflyer 2.5.1, Sekalian Rapihkan kabel dari ESC dan Rx nya.

Langkah terakhir adalah memasang Proppeler. Sebelum di pasang, proppeler harus Di-Balance, agar tidak menimbulkan getaran saat terbang, yang menyebabkan QuadCopter akan susah dikendalikan.


Selesai sebelum terbang seting-seting dulu flight controler nya,




        selesai dah , setelah sedikit konfigurasi, penyetelan di motor sama remote controlnya , ahirnya quadcopter gue terbang . dengan sangat keren dan cool . gue bawa tuh ke kampus depok . gue kasih tunjuk quadcopter gue . gue terbangin eh yang tadinya orang orang pada cuek . berangsur-angsur mendekat dan mengeromboli gue sama dosen pembimbing gue . sampe ada yang ngerekam segala quadcopter gue . dalam hati gue "woi yg nerbangin juga rekam dong " hahaha . dosen gue nanya " kamu bisa buat quadcopter ini jalan di goa kecil dan sempit ?" . gue jawab dengan penuh wibawa , " pak ga bisa , karena prinsip kerja quadcopter ke-empat baling-balingnya harus sama sejajar , tidak bisa menukik dan miring lebih dari 90 derajat ." . dosen gue pun nganggukin kepalanya , gue bilang gini . " bisa sih pak sebenarnya . tapi hanya sebatas menjaga jarak antara si armada terbang dengan dinding goa atau atap plafont." , dosen gue bilang " oh ya udah , nanti kamu buat seperti itu yah " . gue mah iyain aja .

        balik lah gue sama dosen pembimbing gue ke kantor beliau . ternyata gue masih belom mendapatkan surat ACC . oh good , gue di haruskan menylesaikan makalah penulisan ilmiah nya dahulu . oke gue di suruh datang lagi minggu depan . selang waktu seminggu itu , gue kebut buat ngerjain makalah , alhasil alhamdulilah makalah gue selesai . langsung lah gue jilid .dan gue beresin semuanya . minggu depanya saat hari H ketemu tuh dosen , gue kluarin makalahnya ,. 

 dosen " kamu sudah bereskan ?
gue " udah pak, bisa bapak periksa"
dosen " oh ya udah " sambil melihat isi makalah yang gue buat .

      ya sudah . nama kamu siapa ? "saya farris pak " . di cari terus . gue sedikit deg-degan soalnya tuh dosen nyari nama gue gak ketemu-ketemu ,. terus di cari akhirnya ketemulah  nama farris . 

dosen " ini surat ACC kamu ris"
gue "makasih banyak pak "
dosen " oh ya sekalian dong kamu fotocopy surat nilai dari dosen pembimbing"
gue " iya pak "


        di situ gue ngerasain plong . bebas , tampa beban dedline untuk penulisan ilmiah . ibarat ingus yang turun naik,turun naik , itulah waktu gue masih belom di acc , sama di tolak judul , setelah di acc rasanya seperti ga ada ingus di rongga idung  . 

        gerak seribu langsung gue daftar ke loket pendaftaran yang ada di sebelah mesjid . dan alhamdulilah gue dapet sidang tanggal 22-09-2014 .


#NB : sampai saat tulisan ini di turunkan , masih ada beberapa mahkluk astral di kelas gue yang belom dapet surat ACC . padahal batas paling ahir tanggal 30 agustus . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar